Ads 468x60px

Jalur Kaya

Monday, April 2, 2012

Singkong, Manfaat dan Produk Turunannya

Manfaat Singkong
Tanaman Singkong atau ubi kayu bukan tanaman yang asing bagi kita di Indonesia karena tanaman ini telah dibudidayakan terutama untuk memanfaatkan umbinya yang kaya dengan karbohidrat. Singkong adalah sumber utama dari pati yang dibutuhkan dalam makanan di daerah yang sulit untuk mendapatkan makanan lainnya. Di Afrika, singkong merupakan makanan pokok yang sangat penting dan populer. Ini juga merupakan porsi utama di sebagian makanan utama Karibia.

Jika diproses dengan benar, singkong juga sangat kaya akan vitamin dan mineral. Meskipun singkong adalah tanaman asli Amerika Selatan, budidaya terbesar terjadi di Afrika, dengan 102,6 juta ton diperkirakan diproduksi di Afrika setiap tahunnya. Tidak heran mengapa bahan makanan yang kaya dengan pati ini merupakan porsi terbesar dalam makanan di Afrika.

Selain umbinya, daun singkong juga bisa dikeringkan dan dimakan sebagai sayuran. Ubi kayu merupakan sumber karbohidrat ketiga paling populer di dunia setelah beras dan gandum. Tanaman ini bisa tumbuh di tanah yang kondisinya buruk, dan cukup tahan terhadap kekeringan dan infeksi tanaman. Singkong merupakan alternatif alami dari beras dan merupakan sumber lain yang kaya dengan karbohidrat.

Nilai Gizi Singkong atau Ubi Kayu
Umbi singkong sangat kaya dengan pati, kalsium, fosfor dan beberapa vitamin esensial. Umbi singkong juga merupakan sumber makanan berserat. Daun dari tanaman ini kaya akan protein dan vitamin C.

Keduanya, daun dan umbinya, kaya akan senyawa sianida, dan pengolahan yang memadai diperlukan untuk menghilangkan sianida atau paling tidak menguranginya sampai batas aman untuk dikonsumsi.

Ada singkong yang manis dan ada singkong yang pahit. Singkong yang manis memiliki kandungan sianida dengan jumlah yang lebih rendah, dan singkong yang pahit memiliki konsentrasi sianida yang tinggi di dalamnya. Singkong yang pahit tidak boleh dimakan tanpa pengolahan baik dalam bentuk pengeringan atau perendaman selama beberapa jam atau beberapa hari atau dengan melakukan fermentasi terhadap umbi mentah (misalnya jadi tape.

Produk Turunan Dari Singkong
Singkong adalah tanaman yang sangat serbaguna. Singkong merupakan salah satu tanaman, kalau tidak mau dikatakan satu-satunya, yang tidak menghasilkan limbah saat diproses, karena semuanya, daun, batang dan umbinya, dapat dimanfaatkan.

Beberapa produk turunan dari singkong (beberapa sudah disebutkan di atas) meliputi:
• Gari
• Tepung Tapioka untuk roti, mie, dan produk kecantikan
• Cassava Chips (keripik singkong)
• Etanol
• Adhesive Gusi
• Pakan Ternak
• Pemanis (gula)
• MSG
• Lem
• dll.

No comments:

Post a Comment