Ads 468x60px

Jalur Kaya

Monday, April 2, 2012

Makanan Dari Singkong

Sebagai sumber karbohidrat, Singkong bisa dijadikan menu makanan pokok di masa darurat, khususnya ketika panen padi gagal ataupun harga beras sedang mahal. Meski demikian ada juga yang makan singkong sebagai makanan pokok karena makanan ini bisa bikin perut lebih kenyang dibandingkan nasi.

Beberapa jenis makanan olahan dari singkong antara lain:
  1. Singkong rebus, diolah secara sederhana. Singkung dikupas, dicuci, dipotong-potong lalu direbus atau dikukus dengan ditambah sedikit garam.
  2. Balok atau singkong goreng. Singkung dikupas, dicuci, dipotong-potong lalu direndam dalam bumbu (ulegan garam plus bawang) selama beberapa menit, kemudian digoreng masak.
  3. Tiwul, yang dibuat dari tatal gaplek. Tatal dibuat dengan cara singkong dikupas, dijemur selama beberapa hari sampai kering. Tatal yang kering ditumbuk dan diayak kemudian dikukus sampai masak hingga menjadi butiran-butiran halus. Kalau sudah masak kemudian dimasukkan ke adonan gula merah (yang sudah dicairkan dan dipanasi sebelumnya) dan diaduk hingga rata. Setelah rata, thiwul tadi siap dihidangkan dengan ditambah parutan kelapa (yang sebaiknya juga sudah dikukus).
  4. Gatot, variasi lain dari tiwul. Tatal gaplek direncan selama beberapa hari agar empuk. Setelah itu gaplek dipotong-potong kecil (ketebalan sekitar kurang dari 1 cm), kemudian dikukus hingga masak. Kalau sudah masak kemudian dimasukkan ke adonan gula merah (yang sudah dicairkan dan dipanasi sebelumnya) dan diaduk hingga rata. Setelah rata gathot tadi siap dihidangkan dengan ditambah parutan kelapa (yang sebaiknya juga sudah dikukus).
  5. Timus atau Lemet. Singkong dikupas, dicuci dan diparut halus. Setelahnya singkong dicampur butiran gula merah yang sudah dihaluskan, dan dibungkus daun pisang. Setelah itu dikukus sampai masak.
  6. Riwit. Singkong dikupas, dicuci dan diserut dengan parut rawit (hasil parutannya seperti kelapa serut untuk es campur). Setelah itu hasil serutan di aduk dengan butiran gula merah yang sudah dihaluskan dan kemudian dikukus. Setelah masak, riwit tadi siap dihidangkan dengan ditambah parutan kelapa (yang sebaiknya juga sudah dikukus).
  7. Sesek.Singkong dikupas, dicuci dan diiris agak tebal (sekitar 0,5 cm). Setelah itu irisan tadi dikukus sampai masak dan dihidangkan dengan tambahan parutan kelapa yang sudah dikukus sebelumnya.
  8. Tape singkong atau peuyeum. Tape ini dibuat dengan cara singkong dikupas, dicuci, dipotong-potong kemudian dikukus sampai masak. Singkong yang masak kemudian diangin-anginkan kemudian diberi campuran ragi tape. Setelah itu singkong tersebut dimasukkan ke bakul yang sudah diberi alas dedaunan atau plastik yang rapat dan ditutup rapat untuk diperam selama beberapa hari.
  9. Gelanggem yaitu tape singkong yang digoreng dengan memakai adonan tepung.
  10. Getuk, dibuat dengan cara singkong dikupas, dicuci, dipotong-potong kemudian dikukus sampai masak. Setalah masak, singkong itu ditumbuk halus dan jadilah gethuk.
  11. Ada banyak varian dari gethuk ini: (a). getuk kasar yang ketika menumbuk tidak perlu sampai halus. Getuk kasar ini biasanya dicampur dengan butiran gula merah ketika menumbuknya agar terasa manis. Tapi bisa pula dimakan dengan ditaburi gula pasir. (b). getuk halus yang ditumbuk halus. Getuk halus ini bisa ditambah gula merah ataupun dibuat gurih. (c). getuk cotot, yaitu getuk putih yang dikepal dan didalamnya diisi gula merah atau gula pasir lalu digoreng. Ketika digigit, terkadang gula yang ada didalamnya muncrat karena gula mencair ketika digoreng, karena itulah getuk ini dinamakan gethuk ”cotot” atau muncrat. (d). getuk lindri yaitu gethuk putih yang diberi bumbu pewangi dll dan digiling menjadi seperti gumpalan bergaris seperti bakmi. Varian lain yang terkenal dari Magelang adalah Gethuk Trio yang terdiri tiga warna dan rasa yakni putih, coklat dan merah jambu.
  12. Krepekan atau opak, biasanya dibuat dari gethuk putih yang digilas tipis pake botol kemudian dicetak bulat-bulat (bisa pake gelas). Setelah itu dijemur sampai kering kemudian digoreng.
  13. Slondhokan biasanya dibuat dari gethuk putih yang dibuat seperti gelang kemudian dijemur kering dan digoreng. Saat ini orang sudah bisa berkreasi sehingga ada yang rasa manis, pedas, gurih dll. Slondokan ini dulu biasanya dijual dengan diikat pake tali dari bambu. Seikat misalnya berisi 10 butir slondhokan.
  14. Kluyur yaitu varian lain dari opak. Cara membuatnya adalah singkong diparut halus, dicampur bumbu garam dan bawang plus daun bawang. Setelah itu ditempel tipis di tutup ompreng atau kuali kemudian dikukus. Setelah masak kemudian diiris kecil dengan pelan-pelan kemudian dijemur. Apabila sudah kering, kluyur ini kemudian digoreng dan siap dihidangkan.
  15. Cemplon, yaitu singkong yang diparut halus kemudian dikepal menjadi bulatan (diameternya sekitar 2,5 cm) dan diisi gula merah kemudian digoreng

Masih banyak jenis makanan lain yang dikenal sebagai jajanan pasar yang bahannya terbuat dari singkong.

No comments:

Post a Comment